Tuesday, March 27, 2012

Masalah Holigan Hantui Euro 2012

euro2012 logo sjersey
Piala Eropa 2012

Bola.net – Tuan rumah bersama Euro 2012 Poland menghadapi “masalah besar” tentang holigan namun berusaha keras untuk mengatasinya, kata pejabat senior UEFA, Rabu.

Martin Kallen, direktur UEFA untuk Euro 2012, mengatakan dalam konferensi Soccerex di Manchester, pemerintah Polandia berusaha keras untuk mengatasi masalah holigan pada putaran final Euro tahun depan saat mereka bertindak sebagai tuan rumah bersama Ukraina.

Kallen berbicara hanya beberapa hari setelah pendukung Polandia berkelahi dengan petugas keamanan pada pertandingan tandang Lithuania di Kaunas, Jumat.

“Kami amat prihatin dengan masalah holigan tapi kami tahu Pemerintah Polandia juga prihatin dengan masalah itu,” kata Kallen.

“Mereka tahu bahwa mereka punya masalah, mereka bahkan memiliki masalah besar. Ada holigan di hampir semua pertandingan liga tapi pemerintah melakukan langkah benar untuk mengatasinya di masa mendatang,” katanya.

“Kita saksikan Jumat kemarin, gambaran yang tidak bagus yang terjadi di lapangan. Kami dan pemerintah Polandia memperhatikan hal itu. Mereka mengatasi masalah ini dengan serius dan akan ada perubahan bulan depan,” katanya.

Kallen mengatakan, ia yakin masalah yang terjadi di stadion di Polandia hanya karena itu adalah pertandingan klub. Dan pada kompetisi Euro 2012 situasinya akan berbeda karena kompetisi itu akan menyedot pendukung yang berbeda.

“Pada Euro akan datang penonton berbeda, rasanya akan lebih aman,” katanya. “Euro seperti pesta sepak bola dan masalah biasanya terjadi dalam pertandingan antar klub.”

Marcin Herra, ketua Panpel Polandia 2012, menyatakan, parlemen baru pemerintah akan menerapkan “nol toleransi” dalam menerapkan kebijakan tentang holigan.

“Kalangan minoritas tidak dapat merusak even kalangan mayoritas,” katanya, “Di Polandia parlemen baru juga mengizinkan kami untuk bertindak lebih tepat kepada para holigan.”

“Akan ada kebijakan nol toleransi artinya 500 orang tidak akan dapat merusak acara satu juta orang,” katanya.  (ant/cax)

Sumber:http://www.bola.net/piala_eropa/jelang-euro-2012-polandia-hadapi-masalah-holigan-0288a5.html


No comments:

Post a Comment