Monday, August 20, 2012

Dormund Selangkah Lagi Akhiri Puasa Gelar

dortmund logo ergo
Borussia Dortmund

Bola.netBorussia Dortmund hampir meraih gelar juara Liga Jerman pertama kalinya sejak 2002 setelah mengalahkan Freiburg 3-0 Minggu sehingga unggul delapan poin atas Bayer Leverkusen, yang kalah 1-5 di Bayern Munich.

Dengan sisa empat pertandingan lagi, Dortmund sudah mendekati piala kemenangan itu dan secara otomatis mendapat tempat pada kompetisi Liga Champions musim depan.

“Perjalanan amat sempurna kami lalui hari ini,” kata pelatih Dortmund, Jurgen Klopp.

“Tim kami bermain fantastik, ini merupakan kemenangan yang ditunggu-tunggu dan pantas didapatkan,” katanya.

Setelah mendengar saingan utama mereka Leverkusen tesungkur di Munich, Dortmund meningkatkan serangan mereka sejak awal di Freiburg.

Pemain remaja Jerman, Mario Goetze (18) membuka gol awal pada menit ke-23 ketika mendapat umpan lambung dari Marcel Schmelzer dan dengan cepat menggetarkan jala gawang lawannya.

Striker Robert Lewandowski dengan bekerja sendiri menambah gol kedua pada menit ke-43 sebelum pemain tengah Kevin Grosskreutz memastikan timnya mendapatkan tiga poin dengan melesatkan bola ke dalam gawang Freiburg pada menit ke-78.

Sebelumnya, Bayern Munich memupus harapan Leverkusen sebagai penyandang gelar ketika striker Jerman Mario Gomez mencetak hatrik pada babak pertama.

Tim urutan kedua Leverkusen mendatangi Stadion Allianz Arena di Munich dalam usaha menang di Bayern untuk pertama kalinya sejak 1989, tetapi Bayern bangkit setelah Minggu lalu mendepak pelatih mereka Louis van Gaal.

Mereka mengakhiri lima kemenangan berurutan Leverkusen ketika kapten Bayer Simon Rolfes membuat gol bunuh diri, ditambah Gomez kemudian gol individu pemain Prancis Franck Ribery.

Bintang Jerman Bastian Schweinsteiger dan pencetak gol terbanyak Ribery tampil setelah sebelumnya istirahat karena cedera dan mereka menghadiahkan gol pertama kepada penanggung jawab pelatih Andries Jonker.

“Kami menciptakan peluang dengan baik pada babak pertama dan kami memperagakan permainan tingkat tinggi,” kata Jonker.

“Para pemain mengerti dengan pesan yang saya sampaikan dan mereka melakukannya dengan baik. Saya amat takjub karena kami dapat memimpin 4-0 pada babak pertama. Saya tidak menyangka akan dapat hasil itu,” katanya.

Ironisnya, pelatih Leverkusen Jupp Heynckes yang akan menangani Bayern musim depan, seperti terhenyak menyaksikan kekalahan timnya.

“Kami melakukan berbagai kesalahan pada babak pertama,” kata Heynckes, “Kami bermain dengan didikte Bayern dan itu permainan sulit.” Pada pertandiangan Sabtu, semi finalis Liga Champions Schalke 04 sempat kecolongan sampai akhirnya main imbang 1-1 di Werder Bremen dan kedua tim tetap berada di papan tengah.

Gol menit akhir dari VfL Wolfsburg membuat kedudukan imbang 2-2 atas St Pauli sedangkan Hanover 96 di urutan keempat klasemen sementara setelah ditahan tanpa gol oleh Hamburg.

Stuttgart naik dari titik berbahaya setelah menang 3-1 di Cologne dan Hoffenheim naik ke urutan kesembilan dengan kemenangan 1-0 atas Eintracht Frankfurt.

Pada pertandingan Jumat, Mainz mengalahan 10 pemain Borussia Moenchengladbach 1-0 untuk berada pada posisi yang berpeluang maju ke kompetisi Eropa. (ant/mac)

Sumber:http://www.bola.net/liga_eropa_lain/dormund-selangkah-lagi-akhiri-puasa-gelar-3c889c.html


No comments:

Post a Comment