Wednesday, July 11, 2012

Webber Tak Cemaskan Hasil Buruk Dua Race Awal

mark webber 080411 get
Mark Webber © GettyImages

Bola.net – Mark Webber menegaskan bahwa dia tidak khawatir dengan dua hasil balapan yang kurang memuaskan pada awal musim ini, jika dibandingkan dengan hasil yang telah diraih rekan setimnya di tim Red Bull, juara dunia Sebastian Vettel.

Pembalap Australia berumur 34 tahun itu musim lalu adalah satu dari empat pembalap yang berpeluang menjadi juara dunia dalam balapan seri penutup musim tahun lalu di Abu Dhabi.

Namun kali ini dia mengalami masa-masa sulit di dua seri awal musim 2011 dimana dia hanya berhasil finish di posisi keempat minggu lalu di Malaysia dan kelima dua minggu sebelumnya di Melbourne.

Pembalap Jerman Vettel, yang menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah pada musim lalu di umur 23 tahun, memenangi kedua balapan tersebut musim ini dan lima dari enam balapan terakhir musim lalu jika dirunut dari GP Jepang pada Oktober.

Sementara Webber hanya berhasil naik podium dua kali sepanjang waktu itu.

Meskipun demikian, Webber tidak begitu panik karena masih ada 17 seri balapan lagi yang akan dilalui musim ini.

“Saya rasa jika saya masih muda mungkin saya akan panik. Tetapi saya tidak panik sama sekali, saya sudah sering mengalami hal ini,” kata Webber.

“Saya sudah mengalami berbagai macam hal, dan saya memiliki banyak alasan untuk menyadari bahwa saya pernah memperoleh beberapa musim yang sangat baik dalam beberapa tahun terakhir ini, cuma orang-orang cenderung membuat perbandingan antara anda dan teman setim anda dan semua hal semacam itu,” tambahnya.

“Yang pasti Sebastien membalap dengan sangat-sangat baik, dan dia berada di puncak dari segala hal yang ada pada saat ini,” ujar Webber.

Sementara Vettel berhasil memperoleh kemenangan yang relatif mudah pada musim ini, Webber malah menemui masalah dengan reliabilitas mobilnya.

Di Melbourne pembalap Australia ini harus berjuang dengan ban yang cepat aus, sementara di Malaysia dia harus menghadapi Sistem Kinetic Energy Recovery (KERS) yang gagal di beberapa putaran awal balapan.

Tombol pemacu tenaga tambahan, yang menghasilkan tambahan daya 80 tenaga kuda lagi bagi sebuah mobil balap, tidak berfungsi di mobil Webber pada saat start di Sepang sehingga dia langsung melorot ke posisi 10 pada putaran pertama dari sebelumnya berada di posisi ketiga saat start.

Saat ini Webber telah tertinggal 28 poin dari rekan setimnya itu hanya dalam dua seri balapan, namun dia tetap mengelak ketika disodori fakta bahwa tugasnya mengalahkan Vettel akan cukup berat mengingat performa luar biasa pembalap Jerman itu.

“Dia tidak hanya mengalahkan saya, dia mengalahkan semua orang di lintasan. Tetapi tidak ada sesuatu yang akan bertahan selama-lamanya,” ungkap Webber “Yah… begitulah yang terjadi, seperti saya sudah bilang sebelumnya, Vettel membalap dengan baik dan di Malaysia saya sempat mengimbanginya, cuma karena saya mengalami masalah di putaran pertama saya langsung tertinggal, tetapi begitulah adanya,” katanya menambahkan.

Meski start Webber tahun ini agak kurang menggembirakan, namun prinsipal tim Red Bull Christian Horner yakin bahwa pembalap Australia itu akan mencapai hasil yang lebih baik di balapan-balapan berikutnya.

“Saya tidak memiliki keraguan sama sekali tentang kebangkitan Webber di musim ini. Sedang dalam keadaan sulit saya dia bisa meraih tempat kelima dan keempat, apalagi kalau semua lancar-lancar saja,” kata Horner.

“Mark itu cukup dewasa untuk mengetahui bahwa masih banyak kesempatan untuknya di musim ini, dan poin yang telah dikumpulkannya itu akan sangat berharga nanti,” Ungkap Horner menutup wawancara.  (ant/row)

Sumber:http://www.bola.net/otomotif/webber-tak-cemaskan-hasil-buruk-dua-race-awal-75cc51.html


No comments:

Post a Comment