Saturday, July 28, 2012

LPI Review: Persebaya 1927 Permalukan Semarang United

lpi logo 150
LPI

Bola.net – Tuan rumah Semarang United (SU) gagal meraih angka setelah dipermalukan tamunya Persebaya 1927 Surabaya, 0-1 (0-0), pada laga lanjutan Kompetisi Sepak Bola Liga Primer Indonesia di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (16/4) petang.

Kekalahan ini merupakan yang kedua kali diderita SU saat tampil di kandang sendiri, karena pada pertandingan sebelumnya dikalahkan Medan Chief juga dengan angka tipis 0-1, Sabtu (26/3).

Pada pertandingan kedua tim disaksikan sekitar 12 ribu penonton yang sebagian besar adalah suporter Persebaya, Bonek, berlangsung dalam tempo lamban.

Kedua tim lebih banyak memperagakan permainan umpan-umpan pendek, tetapi tuan rumah terlihat kesulitan mengembangkan permainan karena terus mendapat tekanan dari tim asuhan pelatih Aji Santoso.

Apabila mereka melancarkan serangan sering tertahan di lini belakang pemain Persebaya. Pada babak pertama ini, Persebaya mendapat peluang melalui penyerangnya, Andrew Barisic tetapi gagal dimanfaatkan dengan baik pemain tersebut.

Padahal sudah berhadapan dengan kiper tuan rumah, Yoga Wahyu Arif tetapi tendangannya terlalu lemah dan berhasil diselamatkan kiper tuan rumah.

Sementara itu tuan rumah juga mendapat peluang yang sama untuk mencetak gol melalui kaki kapten tim, Amarildo Souza tetapi tendangannya terlalu pelan dan bisa diantisipasi kiper Persebaya, Afrianto.

Pemain asal Brasil tersebut mendapat tiga kali peluang yang tinggal berhadapan dengan kiper Persebaya dan terakhir saat pemain ini terlambat menendang bola sehingga berhasil diserobot pemain belakang Persebaya.

Memasuki babak kedua Persebaya mulai lebih banyak menekan pertahanan tuan rumah, apalagi Aji Santoso memasukkan Andik Vermansyah menggantikan Arif Arianto sehingga serangan ke pertahanan SU lebih hidup.

Sebaliknya pemain-pemain asuhan pelatih Edy Paryono masih berkutat dengan umpan-umpan pendek di daerah pertahanannya dan beberapa kali pemainnya terlalu lama membawa bola sehingga dengan mudah diserobot pemain lawan.

Satu-satunya gol kemenangan Persebaya tersebut dicetak oleh Michael Cuetkovoski pada menit ke-58. Gol tersebut bermula dari tendangan bebas yang dilakukan kapten tim John Tapkor.

Bola lambung yang cukup tinggi tersebut disambut dengan sundulan kepala Michael yang membantu penyerangan dan gagal diantisipasi kiper maupun pemain belakang SU.

Unggul satu gol tidak menjadikan pemain-pemain Persebaya puas tetapi justru mereka tetap menekan pertahanan tuan rumah dan beberapa kali mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Salah satunya umpan dari Andik Vermansyah kemudian disambar oleh Andrew Barisic tetapi membentur kiper tuan rumah dan mental kemudian disambar oleh Rendi Irawan dan bisa ditepis kiper.

Bola kembali mental dan kembali ditendang Rendy tetapi hanya membentur mistar gawang tuan rumah.

Kemudian Andik Vermansyah menggiring bola ke depan gawang dan langsung ditendang tetapi berhasil ditepis kiper tuan rumah dan mental dan langsung disambar dengan sundulan kepala tetapi ditangkap kiper SU yang cepat bangun untuk menyelamatkan gawangnya.

Hingga pertandingan usai kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Persebaya 1927 Surabaya. Wasit S. Drage mengeluarkan kartu kuning untuk Arfianto, Rendi Irawan, dan John Tapkor (Persebaya), serta Amancio Fortes, Jose Miquere, dan Eko Prasetyo (Semarang United). (ant/lex)

Sumber:http://www.bola.net/liga_primer_indonesia/lpi-review-persebaya-1927-permalukan-semarang-united-407f72.html


No comments:

Post a Comment