Wednesday, October 10, 2012

Terkait Keputusan FIFA, Agum Minta Para Calon Legawa

agum gumelar kn esa
Agum Gumelar © esa

Bola.net – Terkait keputusan FIFA yang bersikukuh melarang pencalonan kembali 4 balon Ketum PSSI yang ditolak Komite Banding, Agum Gumelar yang baru saja bertemu dengan Presiden FIFA, Sepp Blatter meminta maaf kepada 4 kandidat.

Lebih lanjut, menurut Agum dirinya sudah mengupayakan yang terbaik, namun FIFA tetap teguh pada pendiriannya.

“Pertama, saya ingin sampaikan rasa terima kasih kepada pak Nurdin Halid yang telah menunjukkan rasa pengertian menerima keputusan FIFA ini,” ucap Agum.

“Saya juga minta maaf kepada pak Nirwan Demawan Bakrie. Upaya saya agar dia masuk dalam pencalonan tidak diterima. Saya tahu pak Nirwan Bakrie sudah berpikir dan berbuat. Pikiran dan tenaganya selama ini sudah dicurahkan untuk kemajuan sepak bola kita. Saya mohon kepada pak Nirwan untuk berlapang-dada,” imbuhnya.

Agum Gumelar juga menghimbau kepada para pemilik suara untuk tidak emosional. “Keputusan ini pahit. Tapi tolong terimalah dengan tawakkal. Jangan emosional. Jika emosional, maka jadinya akan tidak jadi lebih baik dari yang sebelumnya. saya sangat berharap semua bekerjasama untuk membuat situasi menjadi normal dan jadi lebih baik,” tegasnya.

Pada jumpa pers Kamis (21/4) sore, Ketua Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar mempertegas kembali tentang tidak diperkenankannya Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, Arifin Panigoro dan George Toisutta untuk dicalonkan sebagai ketua umum PSSI 2011-2015.

Hal ini sejalan dengan keputusan FIFA yang dituangkan dalam surat yang dikirim pada 4 April 2011, yang kemudian diperkuat kembali dengan surat FIFA kedua yang ditandatangani Sekjen FIFA Jerome Valcke diterima pada Kamis sekitar pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya Agum Gumelar berkunjung ke markas FIFA di Zurich, Swiss, Senin dan Selasa. Saat itu, Agum Gumlar yang berturut-turut ditemui Direktur Asosiasi dan Pengembangan FIFA Thierry Regenass dan kemudian Presiden FIFA Joseph Sepp Blatter, meminta penegasan FIFA atas kepastian diperbolehkan atau tidaknya Nurdin Halid, Nirwan Bakrie, Arifin Panigoro dan George Toisutta dicalonkan.

Disamping itu, Agum Gumelar juga melaporkan tentang pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan melalui kongres pada 14 April di Hotel Sultan, Senayan.

Soal pembentukan Komite Pemilihan, papar Agum, FIFA tidak merekomendasikan. Namun, terkait adanya Komite Banding, otoritas sepakbola dunia itu bisa menerimanya.

Dengan demikian, Komite Banding tetap bisa berjalan. Menyangkut Komite Pemilihan, FIFA menegaskan bahwa Komite Normalisasi sekaligus bertindak sebagai “electoral commission”.  (ant/mac)

Sumber:http://www.bola.net/indonesia/terkait-keputusan-fifa-agum-minta-para-calon-legawa-867797.html


No comments:

Post a Comment